Post Icon

Tugas Ilmu Budaya Dasar

Nama : Riki Dwi Hartono
Npm  : 16211208
Kelas : 1EA16


1.Asal Dangdut
Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia. Bentuk musik ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.[1

Aliran musik DangDut lahir setelah ajaran Islam masuk ke Indonesia yang sudah bercampur dengan aliran musik India.
Musik ini mulai tumbuh dan berakar sekitar tahun 1940.Musik ini dipengaruhi oleh unsur musik India yg diambil dari alat musiknya yang bernama Tabla atau musik yg menggunakan gendang.Sedangkan cengkok dan harmonisasinya merujuk ke musik Arab.Akhirnya dipadukan oleh pengaruh musik barat yang mulai marak di akhir tahun 1960-an dengan menggunakan gitar listrik..Dangdut bisa dikatakan lebih matang sejak tahun 1970-an.Ciri Khas musik dangdut diiringi oleh gendang suling dan joget yang gemulai.


Mengapa dinamakan DangDut

Dangdut kental dengan alat musik gendang. Suara gendang menghasilkan bunyi DANG dan DUT. Ada juga yang mengatakan "dangdut" ini berasal dari istilah atau sebutan sinis dari kalangan masyarakat kaum pekerja melayu pada masa itu berdasarkan sebuah artikel majalah awal th 70-an.
Musik ini jauh berbeda dengan musik tradisional asli Indonesia.Tetapi ada sedikit kemiripan khususnya dari adat tradisional melayu.Perjalanan musik Dangdut mengalami perubahan yang seknifikan dari masa kemasa.Dan akhirnya Musik Dangdut sudah membooming di Indonesia bahkan di Mancanegara.

2.Asal Pribadi Masyarakat
Dangdut merupakan salah satu dari genre musik yang berkembang di Indonesia. Bentuk musik ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang, masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.
Penyebutan nama “dangdut” merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) yang khas dan didominasi oleh bunyi dang dan ndut. Nama ini sebetulnya adalah sebutan sinis dalam sebuah artikel majalah awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan masyarakat kelas pekerja saat itu.

Pada tahun 1993an musik dangdut sangat populer terdengar di telinga seluruh lapisan masyarakat, semua kalangan sangat gemar pada musik dangdut, karena lirik, musik, dan kualitas penyanyinya sangat diakui.

3.Nilai-nilai Musik DangDut
Musik merupakan seni mengaransir suara. Musik telah menjadibagian dari setiap budaya di dunia, dan berkembang dengan luas disetiapcorak budaya.Seperti halnya bahasa, aransemen musik merupakan saranakomunikasi yang dilakukan manusia yang berkembang dan menjadisarana komunikasi yang sangat kuat pengaruhnya terhadap kehidupanmanusia. Musik dipercaya sebagai sarana penyembuh penyakit psikismanusia bagi beberapa orang.Dewasa ini perkembangan musik sudah sangat pesat, ditunjangdengan semakin modernnya sarana prasarana untuk menikmati musik.Demikian pula halnya dengan pertunjukkan musik, kita dapatmenyaksikan hampir setiap saat, baik secara langsung maupun melaluimedia visual

4.Positif Dan Negatif Dari Musik Dangdut
DampakPositif Dangdut.
-          Mampu mengangkat nilai rill yang ada dalam masyarakat
-          Dapat digunakan dalam acara-acara seperti pesta pernikahan, resepsi, dll
-          Sebagai sarana hiburan
-          Bertema social
-          Mengandung pesan-pesan moral dan pendidikan
-          Lahirnya suatu kreatifitas untuk mencoba menekuni music dangdut
DampakNegatifDangdut
-          lahirnya kebiasaan masyarakat memburu tempat-tempat yang sedang menyelenggarakan music dangdut
-          lahirnya kebiasaan memasuki rumah hiburan yang mengadakan music dangdut
-          peniruan remaja kepada penyanyi idolanya
-          adanya kebiasaan mastarakat menonton pertujukan sambil minum minuman keras


5.Pengaruh Dangdut dalam Panggung Politik
Panggung kampanye partai politik juga tidak ketinggalan memanfaatkan kepopuleran dangdut untuk menarik massa. Isu dangdut sebagai alat politik juga menyeruak ketika Basofi Sudirman, pada saat itu sebagai fungsionaris Golkar, menyanyi lagu dangdut.
Walaupun dangdut diasosiasikan dengan masyarakat bawah yang miskin, bukan berarti dangdut hanya digemari kelas bawah. Di setiap acara hiburan, dangdut dapat dipastikan turut serta meramaikan situasi. Panggung dangdut dapat dengan mudah dijumpai di berbagai tempat. Tempat hiburan dan diskotek yang khusus memutar lagu-lagu dangdut banyak dijumpai di kota-kota besar. Stasiun radio siaran yang menyatakan dirinya sebagai "radio dangdut" juga mudah ditemui di berbagai kota.



6.Musik Dangdut Dalam Peningkatan Ekonomi
Bagiparamusisidanartis professional, musiktidakhanyasekadarberfungsisebagai media ekspresi  danaktualisasidiri. Musikjugamerupakansumber  penghasilan. Merekamerekamhasilkaryamerekadalambentuk pita kasetdancakrampadat (Compact Disk/CD) sertamenjualnyakepasaran.Dari hasilpenjualannyainimerekamendapatkanpenghasilanuntukmemenuhikebutuhanhidup.Selaindalam media kasetdan CDPara musisijugamembuat RBT serta melakukanpertunjukan yang dipungutbiaya. Pertunjukantidakhanyadilakukan di suatutempat, tetapijugabisadilakukan di daerah- daerah lain di Indonesia ataupun di luar Indonesia.




7. Musik DangDut dalam Lapangan Kerja
Musik dangdut dalam lapangan kerja merupakan suatu pekerjaan yang lumayan menguntungkan menurut saya , karena tidak Sedikit pula mereka dapatkan ada beberapa orang yang menjadi penyanyi dangdut bisa sampai bisa membeli Rumah ,Mobil , dan lain-lain . Seperti contohnya Inul Dharatista “yang dulunya manggung dari 1 panggung ke lain panggung, sampai bisa membuat KARAOKE yang lumayan Besar sebagai usaha sampingan nya”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar