Post Icon

DASAR PEMASARAN BAB 1,2, DAN 3

Nama      : Riki Dwi Hartono
Npm       : 16211208
Kelas       : 1EA16

PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN & MASYARAKAT

Pendefinisian Pemasaran
Dalam keseharian kita,pemasaran bukanlah suatu kalimat yang asing dan jarang kita dengar. Pemasaran ada dimana-mana. Secara formal atau informal,baik orang ataupun suatu organisasi telah terlibat dalam sejumlah besar akyivitas yang disebut dengan Pemasaran.Pemasaran yang baik yang dilakukan oleh .suatu perusahaaan ataupun organisasi,bukanlah sutu kebetulan,melainkan hasil dari perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. karena biasanya seorang manajer pemasaran harus dapat memutuskan beberapa permasalahan seperti :"fitur apa yang harus diciptakan pada produk,harga yang ditawakan kepada pelanggan,dimana mereka harus menjual produk, dan berapa banyak anggaran yang harus dikeluarkan untuk biaya iklan,penjualan, ataupun internet".
Inti pengertian dari suatu Pemasaran ialah " memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan". Seperti halnya ketika suatu perusahaan perabot menyadari bahwa ternyata masyarakat cenderung lebih menginginkan perabot yang bagus dengan harga yang murah,maka perusahaan tersebut menciptakan perabotan murah.
Definisi pemasaran menurut American Marketing Association (AMA) ialah "merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan,mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelangganan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangk ukepentingannya.

Dalam pemasaran,ada beberapa unsur pokok yang terjadi dalam kegiatan-kegiatan yang terjadidalampemasaran,seperti:
- Pemasar merupakan organisasi suatu perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentubagiorganisasimaupun  pribadinya.
-Pemerintah 
- Barang & Jasa merupakan sesuatu bentuk yang ditawarkan produsen untuk memenuhi keinginandankebutuhan konsumen.
- Pasar merupakan konsumen pribadi atau organisasi yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai
  permintaan barang dan jasa dari konsumen.
- Proses Pertukaran merupakan kegiatan dari dua pihak yang masing-masing memerlukan keiatan sesuatu milik pihak yang
  lain sebagai usaha untuk memenui kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Inti Dari Suatu Pemasaran
inti penting yang ada dal suatu pemasaran ialah sbb:
1. Kebutuhan 
    merupakan syarat utama hidup dasar manusia,karena setiap makhluk hidup terutama manusia memebutuhkan
    udara,air,pakaian dan tempat tinggal untuk kebutuhan hidup.
2. Keinginan 
    setiap kebuthan yang telah ada dibenak atau dipikiran kita,akan berubah menjadi keinginan.
3. Permintaan
    permintaan merupakan keinginan akan produk-produk tertentu yang didukung oleh kemampuan untuk membeli.

Peran Pemasaran Dalam Organisasi  dan Perusahaan
Peran pemasaran dalam suatu organisasi bertujuan untuk membangun citra yang kuat,disukai,dan unik dibenak publiknya. Sehingga untuk mencapai tujuan organisasi tersebut pada ruang lingkup suatu perusahaan,dukungan dari pihak pemodal,pelaksana dan pengelola sangat diperlukan. suatu perusahaan juga mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang juga perlu dipenuhi,agar tujuan organisasi mereka dapat terpenuhi pula. 
Peran Pasar Dalam Pemasaran
secara tradisional"pasar"pasar adalah tempat dimana terjadinya inteaksi antara penjual dan pembeli untuk menjual dan membeli barang. pemasar sering kali menggunakan istilah pasar (market) untuk mencakup berbagai pengelompokan pelanggan. Biasanya pemasar memandang penjual sebagai industri dan pembeli sebagai pasar. berbicara soal pasar,pasar terbagi dalam beberapa kelompok seperti :
- pasar kebutuhan (cth :diet-seeking market)
- pasar produk (cth : pasar sepatu)
- pasar demografis (cth :pasar anak muda)
- pasar geografis (cth :pasar perancis)

Secara tidak langsung interaksi antara penjual dan pembeli dihubungkan oleh empat arus. dimana penjual dan pembeli mengirimkan barang,kounikasi,dan jasa sepertiiklan dan surat langsung kepada pasar. sebagai imbalannya mereka menerima uang dan informasi seperti sikap pelanggan dan data penjualan.

Perkembangan Konsep Pemasaran
Peran pemasaran sangat penting dalam setiap kegiatan bisnis. konsep pemasaran yang dianut oleh setiap peusahaan berbeda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor,seperti lingkungan,kondisi pasar,sifat produk,dan pandangan pemasar. Suatu perusahaan memiliki beberapa konsep yang digunakan agar dapat beroperasi,yaitu sbb:
1. Konsep produksi 
2. Konsep produk
3. Konsep penjualan
4. Konsep pemasaran
5. Konsep pemasaran holistik
sumber :
khotler,dr.philip,manajemen pemasaran edisi 13 jilid 1,2008 dan Budiarto,Teguh,dasar pemasaran seri diktat kuliah,1993


Menurut definisi yang disetujui oleh Asosiasi Pemasaran Amerika "Manajemen Pemasaran ialah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran,penetapan harga,promosi serta penyaluran gagasan,barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi".

1. Tugas-Tugas Manajemen Pemasaran
Berikut serangkaian tugas yang menentukan keberhasilan manajemen pemasaran dan kepemimpinan pemasaran ialah sbb :
- Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
- Menangkap pemahaman (atau gagasan) pemasaran
- Berhubungan dengan pelanggan
- membangun merek yang kuat
- Membentuk penawaran pasar
- Menghantarkan nilai
- Mengkomunikasikan nilai
- Menciptakan pertumbuhan panjang

2. Proses Manajemen Pemasaran
Proses manajemen pemasaran dimulai dengan cara :
a. menganalisis peluang pemasaran
b. meneliti dan memilih pasar sasaran merencanakan strategi pemasaran
c. merencanakan program pemasaran
d. melakukan pengorganisasian dan pelaksanaan pemasaran
e. pengendalian usaha pemasaran
Tahap penganalisisan ini akan menghasilkan peluang pemasaran dan alternatif pasar sasaran,tahap perencanaan menghasilkan alternatif strategi pemasaran dan alternatif bauran pemasaran, tahap pelaksanaan yaitu melaksanakan alokasi sumberdaya pemasaran, dan sedangkan tahap pelaksanaan yaitu melaksanakan sumber daya pemasaran,serta tahap pengendalian mengevaluasi kinerja perusahaan.

3. Strategi Manajemen Pemasaran
Strategi manajemen pemasaran meliputi 3 aktivitas penting,yaitu menyusun perencanan, pengendalian, dan melaksanakan. 
Menurut Kotler (2000:64),strategi pemasaran yang berorientasikan pasar ialah berupa proses manajerial untuk menngembangkan dan menjaga agar tujuan,keahlian dan sumber daya organisasi sesuai dengan peluang pasar yang terus berubah. Tujuannya ialah untuk membentuk serta menyempurnakan usaha bisnis dan produk perusahaan sehingga memenuhi target laba dan pertumbuhan. 

Untuk melakukan strategi perancanaan bisnis dapat dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu :
a. Mendefinisikan misi korporasi (defining the corporate mission)
b. Menetapkan unit bisnis Strategy (estabilshing strategic business units)
c. Mengalokasikan sumber daya ke masing-masing SBU (Assigning Resource to each SBU)
d. Merencanakan bisnis baru,merampingkan bisnis lama (planning new businesses,downsizing older        businesses)

4. Pengembangan Strategi Pemasaran
 Agar suatu perusahaan dapat melakukan pengembangan strategi pemasaran mereka,dapat dilihat pada contoh permisalan sbb :
"misalkan sebuah perusahaan besar atlas yang beroperasi dalam bidang industri memutuskan untuk menjadikan pasar mesin tik elektronik konsumen rumah tangga sebagai sasarannya. Maka atlas perlu mengembangkan sebuah strategi diferensiasi dan penentuan posisi (positioning)untuk pasar sasaran tersebut. Setelah atlas meakukan peluncuran,maka atlas harus menentukan strategi produk dan dimodifikasikan pada tahap-tahap siklus hidup produk yang berbeda,seperti : pengenalan,pertumbuhan,kematangan, dan penurunan. Selanjutnya,pilihan strategi akan bergantung pada apakah perusahaan memainkan peranan sebagai pemimpin pasar,penantang,pengikut,atau pencari celah pasar. Akhirnya,strategi harus diselaraskan dengan peluang dan tantangan global yang selalu berubah-ubah.

sumber :
laksana,fajar,2008,manajemen pemasaran pendekatan praktis,yogyakarta:graha ilmu
Kotler,dr.philip,1997,manajemen pemasaran edisi revisi jilid 1,jakarta : PT Prenhallindo
------------------ ,2008,manajemen pemasaran edisi 13 jilid 1,jakarta : Erlangga


Definisi Segmentasi Pasar
Suatu perusahaan tidak dapat terhubung dengan semua pelanggannya di pasar yang luas dan besar,luas,atau beragam. Tetapi mereka dapat membagi pasar seperti itu menjadi kelompok konsumen atau segmen dengan kebutuhan dan keinginan berbeda. Namun pemasar juga mampu melihat perbedaaan-perbedaan karakter ataupun perilaku pasar yang ada. Karena perilaku pemasar pada kenyataan lebih heterogen.keputusan ini memerlukan pemahaman mendalam tentang perilaku konsumen dan pemikiran strategis yang saksama. Secara garis besar,segmentasi pasar merupakan proses pembagian pasar yang semula bersifat heterogen menjadi beberapa kelompok yang berperilaku lebih seragam. secara umum,tujuan sgmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan berperilaku yang lebih seragam.

Persyaratan Segmentasi Pasar Yang Efektif 
Ada beberapa kriteria segmantasi pasar yang harus dipenuhi agar segmentasi pasar dapat bergerak secara efektif,yaitu :
a. Terukur(measurable)
Terdiri atas ukuran,daya beli dan karaktistik segmen dapat diukur
b. Substansial
merupakan segmen yang cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani. misalnya,tidak menguntungkan bagi produsen mobil bila mereka hanya mengembangkan mobil untuk orang yang tingginya kurang dari 4 kaki.
c. Dapat Diakses
merupakan segmentasi pasar yang dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
d. Dapat Didiferensiasi
merupakan segmen yang dapat dibedakan konseptual dan mempunyai respon yang berbeda terhadap elemen dan pogram bauran pemasaran yang berbeda. 
e. Dapat Ditindaklanjutin
merupakan segmen yang efektif yang dapat diformulasikan untuk dapat menarik dan melyani segmen.

Kriteria Segmentasi Pasar
Adapun jenis kriteria segmentasi pasar ialah menyesuaikan program pemasaran agar dapat mengenali perbedaan pelanggan. Kriteria segmentasi pasar tersebut terdiri atas beberapa bagian sbb:
1. Segmentasi Geografis
Segmentasi geografis merupakan pemagian pasar yang terdiri dari berbagai unit geografis seperti negara,negara bagian,wilayah,kabupaten,kota,atau lingkungan sekitar. Misalnya hotel JW Marriot menyesuaikan kamar dan lobi menurut lokasi. seperti hotel yang berada di Timur lebih kosmopolitan,sedangkan yang di Barat lebih bernuansa pedesaan. 

2. Segmentasi Demografis
Segmentasi pasar secara demografis,terbagi menjadi beberapa kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel seperti usia,ukuran keluarga,siklus hidup keluarga,jenis kelamin,penghasilan,pekerjaan,pendidikan,agama,ras,generasi,kebangsaan,dan kelas sosial. segmentasi variabel sangat populer bagi pemasar. Hal ini dikarenakan variabel ini sangat erat kaitannya dengan kebutuhan dan keinginan konsumen,serta mudah diukur.
3. Segmentasi Psikografis
Psikografis merupakan ilmu yang digunakan psikologi dan demografi,agar dapat memahami konsumen. Sehingga,dalam segmentasi pasar secara psikografis pembeli dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan sifat psikologis/kepribadian,gaya hidup,sikap,motivasi,ataupun nilai. Hal ini dapat dilihat ketika sikap konsumen terhadap produk tertentu.

4. Segmentasi Perilaku
Dalam segmentasi perilaku ataupun kebiasaan,pemasar membagi pembeli menjadi beberapa kelompok berdasarkan pengetahuan,sikap,penggunaan,atau respon konsumen terhadap suatu produk.

Penetapan Target Pasaran
Penetapan sasaran pasar merupakan pasar yang akan dilayani oleh perusahaan. Sasaran pasar perlu ditetapkan agar strategi dan program pemasaran dapat lebih terarah pada sasarannya. 
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebagai dasar penilaian masing-masing segmen pasar.
  • Luas dan pertumbuhan segmen pasar
  • Struktur pasar 
  • Tujuan dan kapasitas perusahaan
Hubungan Antara Penetapan Sasaran Pasar dan Segmentasi Pasar
Hubungan antara penetapan sasaran Pasar dan Segmentasi pasar dapat dilihat dalam lima pola segmen,yaitu sbb :
  • konsentrasi segmen-tunggal
  • spesialisasi selektif
  • spesialisasi produk
  • spesialisasi pasar
  • cakupan pasar penuh
Penentuan Posisi Produk 
Dalam segmentasi pasar,penempatan posisi produk ialh dengan cara merancang atribut-atribut fungsional dan nonfungsional produk yang ditawarkan perusahaan sesuai dengan pandangan relatif konsumen dan berbeda dengan produk pesaing.
secara umum pengertian posisi produk meliputi :
1. persepsi dan preferensi konsumen adalah mencerminkan pasar sasaran
2. persepsi dan preferensi konsumen mencerminkan manfaat produk secara fungsional ataupun
    nonfungsional menurut pandangan konsumen.
3. kedudukan konsumen menurut pemikiran konsumen


Strategi Penentuan Posisi Produk
a. Posisi berdasarkan atribut Produk
Suatu poduk dapat dilihat berbeda oleh konsumen berdasarkan kualitas,harga,penampilannya,atau modelnya.
b. Posisi berdasarkan manfaat produk
suatu produk dibedakan dengan produk pesaing berdasarkan kegunaan produk,fungsi,atau manfaat menggunakannya.
c. Posisi berdasarkan penggunaan produk
suatu produk diposisikan untuk penggunaannya berdasarkan pada saat kondisi tertentu.
d. Posisi berdasarkan pemakai produk
suatu produk dibedakan secara langsung sesuai dengan perbedaan atau kekhususan pemakai produk.
e. Posisi yang membedakan langsung dengan pesaing
suatu produk dapat dirancang berbeda secara langsung dengan cara menyinggung atau menyebut atribut produk pesaingnya.

sumber :
kotler,dr.philip,manajemen pemasaran edisi 13 jilid 1,2008,erlangga:jakarta
budiarto,teguh,dasar pemasaran seri diktat kuliah,1993

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sorry nih bro.. ini buat saran yaa.. next time kalo mau nulis di blog lagi fontnya jangan pake warna kuning, silauu bro..
tapi isinya bermanfaat banget koq
tq

Posting Komentar